Jumat, Agustus 01, 2008

Hari ini kabarnya akan ada gerhana matahari total. (Baca: detik.com). Namun katanya juga, sayangnya gerhana tsb tidak bisa terlihat di Indonesia.

Bagi Umat Muslim, gerhana matahari dan juga bulan merupakan bukti kekuasaan ALLAH dalam mengatur alam semesta. Oleh karena itu ada 'ibadah khusus berderajat sunnah mu'akkadah ketika terjadi gerhana, yaitu sholat gerhana. Berikut ini artikel yg bs anda baca berkaitan dg Sholat Gerhana:
=======
SHALAT GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI

Oleh
Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul

Shalat kusuf (gerhana bulan) dan khusuf (gerhana matahari) merupakan sunnat mua’kkad. Disunatkan bagi orang muslim untuk mengerjakannya. Hal itu didasarkan pada dalil berikut ini.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, dia bercerita bahwa pada masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terjadi gerhana matahari, lalu beliau mengerjakan shalat bersama orang-orang. Maka beliau berdiri dan memanjangkan waktu berdiri, lalu beliau ruku dan memanjangkannya. Kemudian beliau berdiri dan memanjangkannya –berdiri yang kedua ini tidak selama berdiri pertama-. Setelah itu, beliau ruku dan memanjangkan ruku, ruku-nya ini lebih pendek dari ruku pertama. Selanjutnya, beliau sujud dan memanjangkannya. Kemudian beliau mengerjakan pada rakaat kedua seperti apa yang beliau kerjakan pada rakaat pertama...(selengkapnya >>>)

Foto: eclipse.gsfc.nasa.gov

1 komentar:

namaku ina mengatakan...

assalamu'alaykum wr wb

Sukma, hari ini gerhana bulan loh! Na diberitahu teman (saya ngga melihatnya langsung, karna begitu mendapat pesan, sekejap langsung shalat kusuf.. dan ternyata..shalatnya masih ngga sesuai dengan sunnah Rasulullah, karna saya dalam keadaan genting shalatnya....)