Kamis, Agustus 10, 2006

Berkebun.. tiada salahnya.. karena berkebun itu indah


Beberapa hari ini saya memiliki sebuah aktifitas rumah tangga baru yang menyehatkan sekaligus menyenangkan (seharusnya). Aktifitas rumah tangga yang saya maksud adalah berkebun.. Whattt???? Berkebun??? Yup, berkebun. B-E-R-K-E-B-U-N. Tepatnya sih menyirami tanaman yang ada di "kebun tanaman" di halaman depan dan belakang kontrakanku. Oh iya, mungkin anda belum penah saya beritahu bahwa di halaman depan dan belakang kontrakanku ada "kebun tanaman". Saya kasih tanda kutip karena sebenarnya, tanaman2 itu belum bisa dikatakan kebun juga sih.. Karena biasanya yang ter-frame di kepala orang tentang definisi kebun adalah kumpulan pepohonan/tanaman yang sangat rindang dan rimbun dengan tinggi tiap tanaman kira2 setinggi manusia dewasa (sering ngeliat di film kan?). Tanaman2 di depan kontrakanku memang rimbun, namun tingginya baru sekitar 40-60 cm jadi belum bisa disebut kebun kali ya?. Adapun di belakang rumahku tanamannya agak jarang meskipun ada beberapa pohon pisang yang tingginya hampir 2 meter. Ini juga belum bisa disebut kebun sih... Tapi whatever lah pokoknya tanaman..

Berkebun (maksudnya menyiram), saya katakan menyenangkan karena dengan menyiramkan air kepada tanaman berarti saya telah turut membantu keberlangsungan hidup tanaman yang disiram. Kesenangan lainnya adalah tanah yang tersiram air di pagi hari ternyata memiliki aroma yang khas.. Aroma tanah yang segar... Otomatis ketika saya menyiramkan air di pagi hari, saya akan serta merta menghirup aroma khas itu.. Menyenangkan bukan??

Sedangkan menyehatkan, karena untuk menyiram tanaman yang di halaman depan misalkan, saya harus mengangkat seember penuh air sejauh lebih kurang 10 meter. Ember saya isi dari keran tempat cuci piring di ruang belakang kontrakan dan harus diangkat by hand ke halaman depan kontrakan. Untuk berkebun di halaman depan kontrakan, dibutuhkan sekitar 5 ember air. Jadi betapa menyehatkannya berkebun bukan?? Itu untuk yang di halaman depan. Untuk yang di halaman belakang, saya hanya butuh 1 ember air saja. Jadi total untuk berkebun, saya mengangkat 6 ember penuh air. Olahraga yang sangat lumayan sebagai pembuka hari...

source image: www.csa.iisc.ernet.in/misc/photos/dept/garden.jpg

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus juga kegiatan barunya... Kalo dikontrakan nt suka masak nasi sendiri, lebih baik air sisa cuci beras atau air sisa rebusan mie (udah dingin, jangan panas2) disiram ke tanaman, fungsinya buat nggantiin pupuk(hemat kan!!!).
Paling enak kalo berkebun tuh menanam tanaman yang banyak manfaatnya, tahan panas dan hemat air atau yang ga perlu perawatan khusus diantaranya tanaman lidah buaya, anggrek, bunga coklat, bawang dayak, cabe, kunyit, jahe, lengkuas.... (he..he..he.. lumayan kan kalo panen bisa dibawa pulang dan jadi oleh2 dapur rumah!!!)
Btw, ada pertanyaan nih... Apa hukumnya mencabuti rumput/tanaman liar yang bisa ganggu pertumbuhan tanaman utama? Haram ga sih?

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas komennya. Btw ini siapa ya? Mutia kah? Perasaan saya baru pernah denger "mutz el islamy". Pokoke siapapun anda saya ucapkan selamat datang dan sering2lah berkunjung dan tentunya sering2 pula memberi komen.

Mengenai komen anda, emang air tajin (cucian beras) dan air rebusan mie bisa dijadiin pupuk ya? Dapat info dari mana atau pernah meneliti/melakukan percobaan sendiri?

Di halaman depan kontrakan udah ada pohon yang sangat berguna kok. Namanya kaktus. Berguna buat garuk2 kulit kalau lagi gatel, atau buat marut kelapa. Bisa juga buat nimpukin maling.. He..he..he..

Kalau buat saya, mencabuti rumput liar tidak mengapa. Apalagi kalau misalkan dengan mencabut rumput tsb. ada maslahat lain yang lebih besar yang muncul. Dalam satu hadits shahih tentang syahidnya Mush'ab bin Umair, ketika jenazah Mush'ab ditutup dengan sehelai kain, ternyata tidak semua tubuhnya yang bisa ditutupi. Maka RasuluLLAH mengambil rumput dan menutup kaki sang Syahid dengan rumput itu. Menurut saya ini bisa dijadikan landasan tidak diharamkannya mencabuti rumput, apalagi rumput liar.

WaLLAHu'alam bish Showwab

Anonim mengatakan...

Yak benar!!! Mutz el Islamy adalah Mutia (bagus gak??).

Soal air tajin+rebusan mie..... itu sih hasil percobaan ane semenjak TK ampe skarang. Bahkan jaman dulu tuh, sisa roti tawar aja ditangkringin di tanaman anggrek!! Walhasil... kesuburannya sama (kadang lebih) ama yang dikasi kompos, dan selama 1 bulan lebih ane tinggal (otomatis ga ada yang nyiram), tanaman2 tsb fine2 aja...(alhamdulillah...)

Kalo mo dicari logikanya, pupuk kompos adalah hasil dari pembusukan sampah2 organik, so.... air tajin, rebusan mie,sisa roti, hancuran daun+rumput, kulit buah tanpa selulosa merupakan sampah2 organik. Tinggal dibusukin aja dg tanah. Tul gak?? Asalkan Nt ga kasi air panas, bahan berbau tajam, or bahan kimia keras aja ke taneman nt.

Kalo dipikir-pikir bisa ngurangin masalah sampah di Jakarta tuh!! Sampah organik jadi pupuk, sampah non organik....jatahnya pemulung and loakan kali ya...??? eh... bisa meningkatkan taraf hidup pemulung juga kali ya...??? (Halah... jadi mlebar-buarr gini toh??)

Btw, setau ane pohon kaktus ga terlalu perlu dan ga boleh kebanyakan disiram, apalagi ampe 5 ember tiap pagi. Kaktus emang tanaman tropis. Ntar kalo airnya tergenang, kaktus bisa mbusuk. Btw, kaktusnya jenis apa? Berbuah ga??

Jazakallah untuk jawabannya. Entah kenapa ane selalu lupa tanyain itu ke ustad.

Ya...insya Allah kalo sempat dan ingat, ane kunjungi blog ini. Asalkan nt ridho aja ane baca smuanya (lagian kalo ga ridho ngapain juga nulis disini??)

Wassalam

Anonim mengatakan...

terinpirasi dari Pipit ya?? hwekekek

Anonim mengatakan...

to mutz >> disiram sering-sering juga gak papa. Kaktusnya gak pernah protest tuh... =D

Anonim mengatakan...

to Pipit >> Gak tuh... saya termotivasi karena ingin membahagiakan makhluk ALLAH yang berada di halaman kontrakan saya tersebut.. Plus motivasi karena bisa menyehatkan badan seperti yang sudah saya kemukakan di postingan di atas.

yanmaneee mengatakan...

supreme new york
supreme clothing
fitflops sale clearance
nike air max 95
curry 6 shoes
cheap nfl jerseys
yeezy shoes
mbt
jordan 12
hermes belts for men