Selasa, Agustus 22, 2006

Kreatifnya bangsaku


Bener2 deh orang Indonesia, tiap hari makin hebat aja... Kenapa saya katakan demikian? Ya, karena sekarang orang Indonesia udah bisa menciptakan wahana2 Time Zone dan Dunia Fantasi sendiri, dan hebatnya lagi wahana2 itu bisa mobile ke dalam2 kampung kecil sekalipun.

Misalnya ada wahana yang bernama odong-odong. Odong2 itu seperti permainan kuda2an yang bisa bergerak naik turun. Biasanya kalau di Time Zone, Dunia Fantasi, atau sejenisnya, si calon penikmat permainan harus memasukkan koin terlebih dahulu baru sang kuda bisa gerak2 naik turun. Bersamaan dengan itu, alunan musik pun mulai berbunyi nyaring. Penggerak utama kuda2an di zona2 permainan tersebut adalah tenaga listrik. Sedangkan untuk odong2, tenaga penggeraknya adalah tenaga manusia. Si abang-abang odong2 (saya tidak menemukan kata lain yang familiar untuk menyebut manusia penjaja odong2 selain "abang-abang") tinggal mengayuh pedal untuk menggerakkan kuda2 naik dan turun. Wahana odong2 memang dibuat sedemikian rupa menyerupai gerobak dengan disertai sadel (genjotan sepeda - red.) yang rantainya terhubung sedemikian rupa sehingga bisa membuat kuda bisa naik turun. Dalam satu gerobak odong2 biasanya terdapat 4 kuda yang bisa dinaiki secara paralel. Calon penikmat odong2 pun tidak perlu bayar di awal. Penikmat bisa menikmati permainannya terlebih dahulu baru setelah selesai bayar ke "abang2"nya(Saya kurang tahu berapa biaya untuk naik odong2). Sebuah radio terintegrasi ke dalam gerobak odong2 selalu setia mengalunkan musik anak2, meskipun sedang tidak ada konsumen. Selain berbentuk kuda, tempat duduk konsumen ada juga yang berbentuk kendaraan seperti mobil atau motor.

Wahana lainnya yang sudah bisa dibuat mandiri oleh rakyat Indonesia adalah wahana mandi bola. Tau mandi bola kan? Itu tuh, ruangan yang penuh dengan bola2 plastik kecil yang berwarna-warni. Nah ruangan mandi bola yang dulu cuma ada di lokasi hiburan statis, kini juga sudah bisa dibawa2 ke mana2. Miniatur ruangan mandi bola berukuran sekitar 3 x 2 meter dan memiliki roda sebagai alat perpindahan tempatnya. Iringan musik juga setia mengalun, ada atau tidak ada pelanggan.

Dua wahana yang saya sebutkan di atas adalah dua terobosan baru di tanah air. Sebenarnya ada banyak lagi wahana2 hebat lain buatan rakyat Indonesia yang sudah lama exist. Pernah tau hiburan pasar malam kan? Ya, yang biasanya ada kincir anginnya. Trus biasanya juga ada komidi putar, motokros, serta wahana misteri yang bisa dibilang sebagai primadona hiburan pasar malam. Itu semua menunjukkan bahwa rakyat Indonesia tuh sebenarnya sudah bisa bikin wahana permainan sendiri, gak perlu lagi ketergantungan sama produk2 barat. Nah kini tinggal bagaimana pemerintah membina dan mengelola mereka agar dapat menciptakan wahana2 yang lebih hebat lagi agar Indonesia di suatu waktu nanti bisa mengulang lagi pernyataan "Go to Hell America!!". Setidaknya dalam hal wahana permainan.

img src : http://i7.photobucket.com/albums/y272/keluargayudhi/P1000422.jpg

4 komentar:

Anonim mengatakan...

pi~>> waduh jd kangen indonesia,,, sayang ada odong2 yg masang lagu2 dangdut g jelas, kan yg naek anak kecil, lagu rock gitu kek..loh?? hwehehe

Anonim mengatakan...

to pi~ >> gak juga kok, sekarang banyakan nyetel lagu anak2. Dari yang ternaru sampai jaman jebot kayak lagunya trio kwek2 yang mereka masih kecil..

Anonim mengatakan...

Pernah suatu kali di daerah rumah saya terjadi sebuah kecelakaan odong2!!! Menurut korban (tetangga saya), pada waktu itu tukang odong2nya dah tua dan ga kuat nge-rem pas di tikungan... Walhasil odong2 tak terkendali jatuh dalam keadaan miring.....!!! (Alhamdulillahnya semua penumpang selamat)

Mungkin odong2 tuh perlu dilengkapi "safety belt" kali ya... Atau pake jasa asuransi???

Walaupun begitu, anehnya....setelah kecelakaan tersebut, tetangga saya malah bilang "rasanya kayak naik jet-coaster loh!!!"

Ya ampun..... :D

Anonim mengatakan...

to mutz> hehehe... tetangganya pasti langganan koran kompas ya? Slogan kompas "melihat dari sisi lain"